Pendidikan
Diposting tanggal: 15 Maret 2014

Pembangunan di bidang Pendidikan di Kota Palangka Raya cukup menggembirakan, dimulai dari pembangunan USB, RKB dan rehab gedung ruang kelas SD/MI, SMP/ MTs dan SMA/MA/SMK, adanya peningkatan sarana prasarana pendidikan serta peningkatan sumber daya manusia (SDM). Keberhasilan pembangunan di bidang pendidikan di Kota Palangka Raya tercermin dari beberapa indikator antara lain:

Angka Partisipasi Kasar (APK):   Angka Partisipasi Murni (APM):
1. SD/MI = 110,95%   1. SD/MI = 96,47%
2. SMP/MTs = 118,07%   2. SMP/MTs = 98,44%
3. SMA/MA/SMK = 94,22%   3. SMA/MA/SMK = 86,21%

Sumber: Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya

Angka kelulusan tahun 2009 :   alt alt
1. SD / MI : 100 %  
2. SMP / MTs : 99, 47 %  
3. SMA : 94 %  
4. SMK : 97 %  

Pada tahun 2008, program wajib belajar 9 tahun sudah dapat dituntaskan dan di tahun 2009 Pemerintah Kota telah mencanangkan wajib belajar 12 tahun dan telah dicanangkan oleh Bapak Dirjen Manajemen Dikdasen pada awal tahun 2009 diharapkan dalam waktu 5 (lima) tahun kedepan masyarakat Kota Palangka Raya usia 16-18 tahun semua dapat mengenyam pendidikan minimal tingkat SMA.

Pemerintah Kota Palangka Raya membuka seluas-luasnya kesempatan memperoleh pendidikan bagi masyarakat dengan mudah, bukan hanya di kota tetapi di daerah yang sulit transportasi darat seperti pembangunan SMP Satu Atap di kelurahan Panjehang, Bukit Sua, Petuk Barunai, Petuk Bukit, Kameloh Baru, Danau Tundai, Kanarakan dan Tumbang Rungan serta Bereng Bengkel. Juga telah dibangun SMK-Negeri 5 Palangka Raya di Kelurahan Kereng Bangkirai, SMK- Negeri 6 Palangka Raya di Kelurahan Panjehang, SMAN-7 Palangka Raya di Kelurahan Petuk Bukit, sehingga tidak ada lagi alasan bagi masyarakat umum tidak menyekolahkan anaknya karena alasan kesulitan transportasi.

alt alt alt

 

altTahun 2009 dengan adanya Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari dana APBN dan pembiayaan bagi penyelenggaraan pendidikan (rutin sekolah) dari dana APBD Pemerintah Kota Palangka Raya maka peserta didik SD dan SMP Negeri dibebaskan dari biaya operasional sekolah kecuali RSBI dan SBI dan peserta didik miskin dari SD dan SMP swasta juga dibebaskan dari segala jenis pemungutan.

Di tahun 2010, mutu tenaga pendidikan (guru) di Kota Palangka Raya menunjukan peningkatan yang cukup baik, hal ini terlihat dari jumlah guru yang bersertifikasi. Jumlah guru di Kota Palangka Raya adalah 3. 381 orang, dari jumlah tersebut yang telah bersertifikasi sebanyak 1. 337 orang dan yang belum sebanyak 2. 044 orang. Sedangkan jumlah guru yang berkualifikasi (S1 dan S2) sebanyak 1. 267 orang dan yang belum berkualifikasi (belum S1/D4) sebanyak 2. 114 orang. Program pemerintah Kota Palangka Raya kedepan bahwa pada tahun 2014/2015 guru yang belum bersertifikasi dan guru yang belum S1/D4 diharapkan dapat dituntaskan sehingga visi Kota Palangka Raya sebagai kota pendidikan dapat tercapai dan mulai tahun 2009, sudah ada MoU Pemerintah Kota Palangka Raya dan PTN ternama (UI, IPB, UGM, Unpar) tentang pelaksanaan program S1 dan S2.

Sekolah-sekolah yang masuk kategori Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI):

  • SD Negeri Percobaan
  • SMP Negeri 2 Palangka Raya
  • SMA Negeri 2 Palangka Raya
  • SMA Negeri 5 Palangka Raya (calon RSBI)
  • SMK Negeri 1 Palangka Raya
  • SMK Negeri 3 Palangka Raya

Sekolah bersertifikasi ISO 9001-2000:

  • SMK Negeri 2 Palangka Raya
  • SMK Negeri 3 Palangka Raya
alt alt alt

 

Pada tahun 2010 ini, sudah terpasang school-net pada 111 sekolah tingkat SD, SMP dan SMA negeri/swasta, sehingga anak didik dapat dengan mudah mengakses berbagai hal terkait dunia pendidikan melalui internet.

altSelain itu, pada tahun 2009/2010 Kementerian Negara Pemuda dan Olah Raga menetapkan Kota Palangka Raya sebagai tuan rumah penerima peserta Indonesia-Canada Youth Exchange Program (Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Kanada). Kegiatan ini dilaksanakan mulai 28 Desember 2009 sampai dengan 15 Maret 2010 di Kelurahan Sei Gohong yang diikuti oleh 19 orang pemuda/pemudi yang berasal dari Indonesia dan Kanada. Program ini akan terus berlanjut, yang direncanakan akan dilaksanakan pada sekitar bulan Desember 2010 di lokasi yang sama yaitu di Kelurahan Sei gohong.

alt alt alt

Guna meningkatkan mutu pendidikan di Kota Palangka Raya, melalui MoU yang telah ditandatangani pada tanggal 23 Nopember 2009 di Jakarta, Pemerintah Kota Palangka Raya menerima bantuan dana hibah dari Bank Dunia melalui Program BEC-TF sebesar 2,5 milyar rupiah, yang akan dibayarkan bertahap selama 3 (tiga) tahun berturut-turut mulai tahun 2010.

alt alt

Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh pemerintah kota Palangka Raya di bidang pendidikan:

  • SMKN-2 Palangka Raya dan SMKN-3 Palangka Raya memperoleh sertifikat ISO.
  • Mendapat perhargaan e-learning Award kategori Blog Edukatif sebagai juara I Nasional dari SMAN-2 Palangka Raya.
  • Juara II Tingkat Nasional Uji Kompetensi di Medan dari siswa SMKN-1 Palangka Raya
  • Siswa SMKN-1 Palangka Raya diberi kepercayaan sebagai sebagai perakit komputer oleh PT. Zyrex Jakarta.
  • Juara II Tingkat Nasional Lomba Karya Tulis dari siswa SMAN-2 Palangka Raya.
  • Juara I Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Kejuaraan Asean Cabang Catur dan juara III Cabang Pencak Silat.
  • Juara III Olimpiade Olahraga Sekolah Dasar Tingkat Asean Cabang Catur dari siswa SDN-1 Menteng Palangka Raya.
alt alt alt
alt alt alt